Jember, 1 Oktober 2025 — Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) Institut Teknologi dan Sains Mandala (ITSM) menggelar kegiatan Sosialisasi Instrumen Akreditasi Program Studi kepada seluruh Ketua Program Studi (Kaprodi) di lingkungan ITSM, pada hari Rabu, 1 Oktober 2025. Kegiatan ini dilaksanakan sebagai bagian dari upaya peningkatan mutu akademik dan persiapan akreditasi program studi menuju standar nasional dan internasional.
Acara yang berlangsung di ruang rapat 2.4 dihadiri oleh Rektor ITSM, Wakil Rektor I Bidang Akademik, Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB), serta Dekan Fakultas Sains, Teknologi, dan Industri (FSTI). Peserta sosialisasi meliputi para Kaprodi dari tujuh program studi, yaitu S2 Manajemen, S1 Manajemen, S1 Akuntansi, S1 Ekonomi Pembangunan, S1 Rekayasa Perangkat Lunak, S1 Sistem dan Teknologi Informasi, dan D3 Keuangan dan Perbankan.
Dalam sambutannya, Rektor ITSM menekankan pentingnya pemahaman mendalam terhadap instrumen akreditasi sebagai panduan untuk menjaga dan meningkatkan mutu pembelajaran. “Akreditasi bukan hanya proses administratif, tetapi refleksi dari komitmen kita terhadap kualitas pendidikan dan layanan akademik,” ujarnya.
Kegiatan ini dipandu langsung oleh Ketua LPM ITSM, yang menjelaskan secara rinci mengenai Instrumen Akreditasi Program Studi (IAPS) terbaru. Materi yang disampaikan meliputi perubahan komponen penilaian, indikator kinerja utama, serta strategi penyusunan dokumen akreditasi yang efektif dan sesuai standar OBE (Outcome-Based Education).
Selain pemaparan materi, kegiatan juga diisi dengan sesi diskusi interaktif, di mana para Kaprodi berkesempatan menyampaikan pertanyaan dan berbagi pengalaman terkait tantangan penyusunan borang akreditasi.
Melalui kegiatan ini, diharapkan seluruh program studi di ITSM dapat meningkatkan kesiapan dan kualitas dokumen akreditasi, sekaligus memperkuat budaya mutu di lingkungan kampus. “LPM akan terus mendampingi setiap program studi agar proses peningkatan mutu berjalan sistematis dan berkelanjutan,” tambah Ketua LPM dalam penutupan acara.

